RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri 146
Palembang
Kelas /
Semester : III / I
T e m a : Pengalaman
Alokasi
Waktu : 1 x
35 menit
I.
Standar
Kompetensi
·
Bahasa Indonesia
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiraan, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan
bercerita dan memberikan tanggapan/saran
·
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·
Ilmu Pengetahuan Alam
2. Memahami kondisi lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
II.
Kompetensi Dasar
·
Bahasa Indonesia
Berbicara
2.1. Menceritakan pengalaman
yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.4.
Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
·
Ilmu Pengetahuan Alam
2.3. Menjelaskan cara menjaga
kesehatan lingkungan sekitar
III.
Indikator
·
Bahasa Indonesia
2.1.1. Menceritakan pengalaman
menyenangkan saat melaksanakan kerjasama di rumah, dan sekolah dengan kalimat
sederhana
2.1.2. Memberi tanggapan pada cerita
pengalaman yang didengar
·
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.4.1. Memberikan contoh kerjasama dilingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat
1.4.2. Menerapkan kerjasama di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
·
Ilmu Pengetahuan Alam
2.3.1. Memberikan contoh cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
2.3.2. Menjelaskan alasan menjaga
kesehatan lingkungan sekitar
IV.
Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan bimbingan guru, siswa dapat :
Ø Menceritakan pengalaman
menyenangkan saat melaksanakan kerjasama di rumah, dan sekolah menggunakan
kalimat yang mudah dipahami dengan baik
Ø Memberi tanggapan pada
cerita pengalaman yang didengar dengan baik
·
Dengan penjelasan guru, siswa dapat :
Ø
Memberikan contoh kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
dengan baik
Ø
Menerapkan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat dengan
benar
·
Dengan bimbingan guru, siswa dapat :
Ø Memberikan contoh cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar dengan baik
Ø Menjelaskan alasan menjaga
kesehatan lingkungan sekitar dengan tepat
V.
Materi Ajar
·
Gambar-gambar kerjasama di rumah, sekolah, dan masyarakat
·
Gambar-gambar menjaga lingkungan
VI.
Metode Pembelajaran
1.
Model :
Pembelajaran Tematik
2.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan.
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
( 5 menit )
1.
Guru memasuki kelas sambil mengucapkan salam
2.
Guru bersama siswa membaca doa
3.
Guru mengkondisikan kelas
4.
Guru mengecek kehadiran siswa
5.
Guru mengapersepsi siswa “anak-anak tadi piket bersama-sama
yah? Lebih menyenangkan dilakukan bersama-sama atau sendirian!”
6.
Guru memotivasi siswa dengan menyebutkan tujuan pembelajaran “Nah hari
ini kita akan belajar mengenai pengalaman melakukan kerjasama dilingungan
rumah, dan sekolah”.
B. Kegiatan Inti ( 25 menit )
1.
Siswa mendengarkan cerita guru mengenai pengalaman
mengesankan melakukan kerjasama di lingkungan masyarakat
2.
Siswa dibimbing guru menceritakan pengalamannya yang
mengesankan melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan dirumah
3.
Siswa memberi tanggapan mengenai cerita yang didengarnya
4.
Siswa mendengarkan kembali penjelasan guru mengenai kerjasama
dilingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
5.
Siswa menjawab pertanyaan guru contoh dari kerjasama di lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat
6.
Siswa menerapkan contoh kerjasama di lingkungan sekolah dan masyarakat
dengan teman sebangkunya didepan kelas
7.
Siswa mendengarkan kembali penjelasan dari guru mengenai cara
menjaga lingkungan sekitar
8.
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai contoh dari cara
menjaga lingkungan sekitar
9.
Siswa menjelaskan alasan menjaga lingkungan sekitar
10.
Siswa dibimbing guru untuk berkelompok dengan teman kelasnya
11.
Siswa mengerjakan LKS (lembar kerja siswa) yang telah disiapkan oleh
guru
12.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai hasil lembar kerja yang
telah dikerjakan oleh siswa
C.
Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi
2.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur pengetahuan siswa mengenai
pembelajaran yang telah berlangsung.
3.
Guru memberikan refleksi terhadap hasil belajar siswa yang telah
dilaksanakan
4.
Guru memberikan tindak lanjut berupa pemberian tugas dirumah.
5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
VIII. : Penilaian
· Prosedur : Proses
dan Hasil
· Teknik :
Unjuk kerja
· Bentuk :
Uraian
· Soal/ Instrumen
terlampir
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Memberi tanggapan pada
cerita pengalaman yang didengar
Ø Menyebutkan contoh
kerjasama dilingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Ø Memberikan contoh
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Ø Menyebutkan contoh cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Ø Menjelaskan alasan
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Tidak Tertulis,
Tertulis
Tidak Tertulis
Tertulis
Tidak Tertulis
|
Lisan
Uraian
Perbuatan
Uraian
Lisan
|
Apa
saja kerjasama yang diceritakan teman kalian tadi?
Sebutkan contoh kerjasama yang
baik didalam rumah dan sekolah?
Berilah contoh kerjasama
dilingkungan sekolah?
Sebutkan beberapa contoh cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar?
Mengapa kita harus menjaga
kesehatan lingkungan sekitar?
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Aktif menjawab pertanyaan
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sangat memperhatikan
* Cukup memperhatikan
* Kurang memperhatikan
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
IX.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Alat
Ø Gambar-gambar kerjasama dilingkungan sekitar
·
Sumber Belajar
Arifin, Mulyati, Dkk. 2008. “Ilmu Pengetahuan Alam
dan Lingkunganku”. Jakarta: PT Setia Purna Inves.
Susarno dan Kusuma, Anis. 2008. “Ilmu Pengetahuan
Sosial”. Jakarta: Pusat Perbukuan DEPDIKNAS.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Bahan Ajar
- Menyanyikan Lagu anak-anak
Naik Delman
Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota
Naik delman istimewa ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara sepatu kuda
Naik delman istimewa ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara sepatu kuda
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara sepatu kuda
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara sepatu kuda
- Membaca Puisi
Naik Delman
Pada Hari Minggu
ku turut ayah ke kota
Naik delman istimewa
Naik delman istimewa
ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir
Ku duduk samping pak kusir
yang sedang bekerja
Mengendarai kuda
Mengendarai kuda
supaya baik jalannya
- Kegunaan uang dalam kegiatan sehari-hari
Uang
adalah benda yang digunakan sebagai
alat pembayaran
Kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari
-
untuk membeli makanan
-
untuk membeli minuman
-
untuk membeli buku, pena, dan pensil
Lembar Kerja
Siswa
Nama Siswa :
...........................................
Kelas :
...........................................
Sekolah : ...........................................
- Buatlah sebuah puisi mengenai “Uang”kemudian
bacakanlah didepan kelas!
- Isilah tabel dibawah ini sesuai gambar dengan
tepat
Kegiatan sehari-hari
|
Kegunaan Uang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar