RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri 146
Palembang
Kelas /
Semester : VI / I
Alokasi
Waktu : 1 x
35 menit
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
I.
Standar
Kompetensi
5.
Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan
kegunaan benda.
II.
Kompetensi Dasar
5.1. Membandingkan sifat
kemampuan menghantar panas dari berbagai benda
III.
Indikator
5.1.1. Membedakan arti konduktor
dan isolator
5.1.2. Menggolongkan benda yang
bersifat konduktor dan isolator
IV.
Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan bimbingan guru, siswa dapat :
Ø Membedakan arti konduktor
dan isolator dengan baik
Ø Menggolongkan benda yang
bersifat konduktor dan yang bersifat isolator dengan benar
V.
Materi Ajar
BENDA ISOLATOR DAN KONDUKTOR
VI.
Metode Pembelajaran
1.
Model :
Pembelajaran Kooperatif
Grup Investigation
2.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan.
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan ( 5 menit )
1.
Guru memasuki kelas sambil mengucapkan salam
2.
Guru bersama siswa membaca doa
3.
Guru mengkondisikan kelas
4.
Guru mengecek kehadiran siswa
5.
Guru mengapersepsi siswa “anak-anak, sebelum berangkat sekolah
tadi sarapan atau tidak? Menggunakan apa! Tahukah anak-anak bahwa sendok
termasuk benda yang dapat menghantarkan panas.”
6.
Guru memotivasi siswa dengan menyebutkan tujuan pembelajaran “Nah hari
ini kita akan belajar mengenai benda-benda yang memiliki sifat menghantarkan
panas dan yang tidak memiliki sifat menghantarkan panas.”
B. Kegiatan Inti ( 25 menit )
1.
Siswa mendengarkan langkah-langkah sebelum melaksanakan
pembelajaran
2.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok secara heterogen
3.
Siswa diminta setiap kelompok untuk menentukan ketua kelompoknya
4.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai materi konduktor dan
isolator
5.
Siswa diberi LKS yang sudah disiapkan oleh guru beserta alat
peraganya
6.
Siswa menjawab LKS sambil menemukan sendiri benda yang
menghantarkan panas dan yang tidak menghantarkan panas sambil menjawab LKS
7.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang diwakilkan oleh ketua
kelompoknya
8.
Siswa dari masing-masing kelompok diminta menanggapi hasil diskusi yang
telah disampaikan oleh temannya.
9.
Siswa mendengarkan kembali penjelasan dari guru
C.
Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi
2.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur pengetahuan siswa mengenai
pembelajaran yang telah berlangsung.
3.
Guru memberikan refleksi terhadap hasil belajar siswa yang telah
dilaksanakan
4.
Guru memberikan tindak lanjut berupa pemberian tugas dirumah.
5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam
VIII. : Penilaian
· Prosedur : Proses
dan Hasil
· Teknik/ Bentuk : Unjuk kerja/ Uraian / Pilihan Ganda
· Soal/ Instrumen
terlampir
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
5.1.3.
Membedakan arti konduktor dan isolator
5.1.4.
Menggolongkan benda yang bersifat konduktor dan isolator
|
Tertulis
Tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Terlampir
Terlampir
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Aktif menjawab pertanyaan
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sangat memperhatikan
* Cukup memperhatikan
* Kurang memperhatikan
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
IX.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Alat
Ø Gambar-gambar alat yang menghantarkan
panas dan yang tidak menghantarkan panas.
·
Sumber Belajar
Suhartanti, Dwi. DKK. 2008. “Ilmu Pengetahuan Alam”
Jakarta: Pusat Perbukuan DEPDIKNAS
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Lembar Kerja Siswa
Nama Kelompok :
1. 2.
3. 4.
5. 6.
Siapkan alat dan bahan sbb : lilin, korek api, lidi kawat, sendok
logam, sendok plastik, pensil.
Cara kerja :
a)
Nyalakan lilin dengan korek api.
b)
Dekatkan ujung lidi ke api
lilin selama kurang lebih 10 detik.Bila
tanganmu mulai terasa panas , singkirkan benda itu dari nyala api.
c)
Dekatkan sendok, ranting kayu
dll.
d)
Catatlah dalam tabel mengenai
apa yang kamu rasakan .Bila panas isi kolom V pada kolom panas, bila tidak isi
V pada kolom tidak panas .
No
|
Nama benda
|
panas
|
Tidak panas
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Kawat
Sendok logam
………………………..
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
|
…………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………
|
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
|
Kelompokkan benda-benda dibawah ini manakah yang termasuk konduktor
dan isolator .
- Buku - Uang logam - Pisau - Paku - Balok kayu - Gunting -
Sapu tangan - Lidi
- Busa - Panci -
Garpu
No
|
Nama Benda
|
Logam
|
Bukan
|
Sifat
|
|
Logam
|
Konduktor
|
Isolator
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
|
Baku
Uang Logam
…………………………………………………………………………………………………………
|
……………………………………………………………………………………………
|
…………………………………………………………………………………………….
|
……………………………………………………………………………………………
|
………………………………………………………
|
Lembar Evaluasi
I.
Pilahan Ganda
1. Manakah pernyataan berikut yang benar tentang isolator?
a. Isolator mampu
menghantarkan bunyi.
b. Isolator tidak mampu
menghantarkan panas.
c. Isolator mempunyai sifat
yang sama dengan konduktor.
d. Isolator terbuat dari
aluminium.
2. Benda berikut yang termasuk konduktor panas adalah . . . .
a. pakaian c. solder
b. sapu lidi d. buku
3. Manakah yang termasuk benda isolator panas?
a. Paku beton. c. Sendok stainless
steel.
b. Batang aluminium. d. Cangkir plastik.
4. Bahan berikut yang baik untuk menghantarkan panas adalah . . .
.
a. plastic c. kayu
b. logam d. kain
5. Manakah benda yang memanfaatkan bahan isolator panas?
a. Setrika listrik. c. Solder.
b. Panci Masak. d. Termos.
II.
Uraian
1. Panas dari api lilin berpindah secara . . . .
2. Gagang panci masak terbuat dari bahan plastik. Bahan
plastik merupakan
. . . panas.
3. Saat merebus air, panas dalam air berpindah secara . . . .
4. Alas setrika terbuat dari . . . .
5. Stainless steel merupakan bahan . . . panas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar