RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
SD Negeri 146 Palembang
Kelas / Semester : III / II
T e m a : Lingkungan
Sub tema :
Lingkungan sekitar rumah
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Pertemuan : I
I.
Standar Kompetensi
·
Bahasa
Indonesia
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif
(150-200 kata) dan membaca puisi.
·
Matematika
Geometri dan Pengukuran
4. Memahami
unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
·
IPA
5.
Menerapakan konsep energi gerak
II.
Kompetensi Dasar
·
Bahasa
Indonesia
7.2 Membaca
puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·
Matematika
4.2 Mengidentifikasikan berbagai jenis dan besar
sudut
·
IPA
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari
III.
Indikator
·
Bahasa
Indonesia
7.2.1 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang
tepat
7.2.2 Membaca puisi dengan ekspresi yang tepat
Matematika
4.2.1 Mengidentifikasikan
jenis sudut dari beberapa benda
4.2.2
Mengukur besar sudut dari beberapa jenis benda
IPA
5.2.1
Menyebutkan cara menghemat energi
5.2.2
Menjelaskan alasan penghematan energi
IV. Tujuan
Pembelajaran
·
Melalui
bimbingan guru, siswa dapat :
Ø Membaca puisi memperhatikan lafal dan intonasi
yang tepat
Ø Membaca puisi dengan ekspresi yang baik
·
Melalui
pemberian contoh, siswa dapat :
Ø Menyebutkan jenis-jenis sudut pada benda yang
digunakan dalam kegiatan sehari-hari
Ø Mengukur besar sudut dari benda yang dipakai dalam
kegiatan sehari-hari
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat:
Ø Menyebutkan cara menghemat energi dengan baik
Ø Menjelaskan alasan penghematan energi dengan benar
V. Materi
Ajar
·
Teks puisi
·
gambar
benda-benda yang memiliki sudut
·
gambar energi
yang ada di dalam rumah
VI. Metode
Pembelajaran
1.
Model : Pembelajaran Tematik
2.
Metode : Ceramah, Tanya
Jawab, Penugasan, demonstrasi
VII. Kegiatan Pembelajaran
A.
Pendahuluan
1.
Guru memasuki
kelas sambil mengucapkan salam
2.
Guru bersama
siswa membaca doa
3.
Guru
mengkondisikan kelas
4.
Guru mengecek
kehadiran siswa
5.
Guru
mengapersepsi siswa, dengan memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
B.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dibimbing
guru membaca puisi tentang “Rumahku”
2.
Siswa diminta
untuk mengidentifikasi sudut yang terdapat dalam gambar dengan cara
membandingkannya dengan sudut siku-siku
3.
Siswa dipilih
guru untuk menyebutkan benda-benda bersudut yang ada diruang kelas
4.
Siswa diminta
meyebutkan jenis-jenis sudut pada benda tersebut
5.
Siswa diminta
guru mengukur besar sudut pada benda yang digunakan.
6.
Siswa menyebutkan
sumber energi yang biasa digunakan di sekitar rumah
7.
Siswa dan
guru bertanya jawab
8.
Siswa menjawab
pertanyaan guru mengenai cara penghematan energi yang diigunakan dalam
kehidupan sehari-hari
9.
Siswa
mendengarkan kembali penjelasan guru
C. Kegiatan Akhir
1.
Siswa
mengerjakan lembar evaluasi
2.
Guru
memberikan penilaian terhadap evaluasi yang telah dikerjakan siswa.
3.
Guru bersama
siswa menyimpulkan materi
4.
Guru memberi
tindak lanjut berupa pemberian PR
5.
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam
VIII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Alat
o
Teks puisi
o
Gambar rumah
·
Sumber
Belajar
Djaelani dan haryono. 2006. Buku matematika SD kelas 3. Jakarta: Erlangga
Inoki, Mariyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas 3. Jakarta
: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Setyati, Fajar. 2008. Bahasa
Indonesia SD/MI
Kelas 3. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
IX.
: Penilaian
·
Prosedur : Proses
dan Hasil
·
Teknik :
Unjuk kerja
·
Bentuk :
Uraian
·
Soal/
Instrumen terlampir
(Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran)
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
Bahasa Indonesia.
Membaca
puisi
2.
Matematika :
Ø
Mengidentifikasi
sudut yang terdapat pada suatu benda
Ø
Mengukur
besar sudut pada suatu benda
3.
Ilmu Pengetahuan Alam
Ø Cara menghemat energi yang ada di sekitar rumah
Ø Alasan penghematan energi dirumah
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes lisan
|
Lembar teks
Lembar Evaluasi
Lembar Evaluasi
|
1.
Bahasa Indonesia
Teks Puisi Rumahku
2.
Matematika
Ø
Benda-benda apa sajakah memiliki sudut?
Ø
Sudut
apakah yang terdapat dalam benda tersebut?
3.
Ilmu Pengetahuan Alam
Ø Bagaimana cara menghemat energi yang ada dirumah?
Ø Mengapa kita harus menghemat energi?
|
1.
Kriteria Penilaian Produk ( hasil evaluasi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
semua
benar
sebagian
besar benar
sebagian
kecil benar
semua salah
|
4
3
2
0
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Partisipasi
|
Aktif berpartisipasi
Kadang-kadang aktif
Tidak aktif
|
4
2
1
|
- Penilaian Prosa
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Penjiwaan
Vokal
Intonasi
Gerak
Mimik
|
Sangat baik
Baik
Cukup baik
Kurang baik
|
4
3
2
1
|
- LembarPenilaian
No
|
NamaSiswa
|
Jenis Penilaian
|
Prosa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Hasil evaluasi
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah sko rmaksimal ) X 10.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
NIP. .....................................
|
Guru Kelas II,
Siti
Rama Sari
NIP. 06111413017
|
Materi Pembelajaran
- Membaca contoh puisi
Rumahku
Karya Ramasarii
Engkau adalah sebuah
bangunan yang kokoh
Engkau terdiri dari tiang,
dinding, pintu, jendela dan atap
Isi bangunanmu terdapat
berbagai macam prabotan
TV, kipas angin, lampu,
juga prabotan lainnya
Engkau lindungi dari panas
dan hujan
Setiap hari aku rela
membersihkanmu
Hingga sudut yang mampu
aku jangkau
Karena engkau adalah
pelindungku
Terima kasih rumahku
(Dikutip
dari Kit, 14 September 2006)
- Menemukan jenis sudut dari bentuk rumah
dengan tumpuan sudut siku-siku 90
a.
Atap rumah
bagian depan
b. Atap rumah bagian samping
c.
Pintu Rumah
d.
Jendela Rumah
- Menyebutkan benda berenergi yang terdapat di
dalam rumah, dan penggunaannya sesuai kebutuhan.
a.
Tv
b.
Kipas Angin
c.
Lampu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar