RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SD :
SD Negeri 146 Palembang
Kelas / Semester : II / II
T e m a : Pengalaman
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Pertemuan : I
I.
Standar Kompetensi
·
Bahasa
Indonesia
Membaca
7.Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca nyaring dan membaca dalam
hati
·
IPS
2. Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
tetangga.
II.
Kompetensi Dasar
·
Bahasa
Indonesia
7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan
memperhatikan lafal dan
intonasi
yang tepat
·
IPS
2.2
Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota
keluarga
III.
Indikator
·
Bahasa
Indonesia
5.1.1 Membaca nyaring teks (15 – 20 kalimat) dengan
memperhatikan lafal dan
intonasi
yang tepat
5.1.2 Menceritakan isi dalam teks.
·
IPS
2.3.1
Menjelaskan peran anggota dalam anggota keluarga
2.3.2
Menyebutkan pengalaman melaksanakan peran dalam anggota keluarga
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat :
Ø Membaca nyaring teks cerita dengan memperhatikan
lafal dan intonasi yang tepat
Ø Menceritakan isi dalam teks dengan baik.
·
Dengan
pemberian contoh, siswa dapat :
Ø Menjelaskan peran anggota dalam keluarga dengan
baik.
Ø Menyebutkan peran anggota keluarga dengan baik.
Ø Menceritakan tentang pengalaman siswa ketika
melaksanakan perannya dengan baik.
V. Materi
Ajar
·
Teks cerita “Pengalaman
Budi di Rumah”
·
Peran anggota
dalam keluarga
VI. Metode Pembelajaran
1.
Model : Pembelajaran Tematik, Talking stik
2.
Metode : Ceramah, Tanya
Jawab, Penugasan.
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Pendahuluan (
5 menit )
1.
Guru memasuki
kelas sambil mengucapkan salam
2.
Guru bersama
siswa membaca doa
3.
Guru
mengkondisikan kelas
4.
Guru mengecek
kehadiran siswa
5.
Guru
mengapersepsi siswa, berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuansebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
B.
Kegiatan Inti
(20 menit )
1.
Siswa membaca
nyaring teks tentang “Pengalaman Budi di Rumah”
2.
Siswa dipilih
untuk membaca menggunakan tongkat secara bergilir sambil menyanyikan lagu bangun tidur
3.
Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai isi cerita
4.
Siswa
menceritakan apa saja peran anggota keluarga yang ada dalam teks bacaan.
5.
Siswa
menceritakan pengalamannya dalam membantu keluarga dengan menggunakan tongkat
sambil menyanyikan lagu bangun tidur
6.
Siswa diberi
kesempatan bertanya mengenai pelajaran yang belum dimengerti
7.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru
8.
Siswa
mengulagi kembali penjelasan dari guru
C. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1.
Siswa
mengerjakan lembar evaluasi
2.
Guru
memberikan refleksi terhadap hasil evaluasi siswa
3.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa PR mengenai peran anggota dalam keluarga
4.
mengakhiri
pembelajaran dengan doa dan salam
VIII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Alat
Ø Teks bacaan
Ø Gambar-gambar Anggota Keluarga
Ø Sumber Belajar
Ø Djaelani dan haryono. 2006. Buku Bahasa Indonesia SD kelas 2. Jakarta: Erlangga
Ø Inoki,
Mariyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas2. Jakarta
:Pusat Perbukuan,
Departemen PendidikanNasional.
IX.
: Penilaian
Ø Prosedur :
Proses dan Hasil
Ø Teknik : Unjuk
kerja
Ø Bentuk : Uraian
Ø Soal/
Instrumen terlampir
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
---------------------------------------
NIP.
.....................................
|
Guru Kelas II,
---------------------------------------
NIP. .....................................
|
Lampiran
Materi Pembelajaran
- Teks Bacaan
Pengalaman Budi di Rumah
Budi anak yang baik
Budi selalu membantu orang tua
Setiap hari ia selalu membantu ayah, ibu juga
kakaknya
Pada hari minggu Budi selalu membantu ayah
membersihkan kipas angin, dan membantu kakak menyetrika pakaian.
Pengalaman membantu orang tua, ia terapkan di
lingkungan sekolah, seperti membantu teman-teman membersikan kelas.
Budi sangat senang dengan kegiatan yang ia
lakukan.
Setelah pekerjaannya selesai Budi akan istirahat
sambil mendengarkan musik.
Pada malam harinya Budi belajar dengan menggunakan
lampu belajar dikamarnya.
Setelah selesai ia akan tidur untuk pergi sekolah
besok.
- Menyebutkan peran budi dalam keluarga.
·
Membantu ayah
membersikan kipas
·
Membantu
kakak menyetrika pakaian
·
Belajar
·
Sekolah
3.
Anggota Keluarga
Ø Ayah Ibu
Ø
Kakak Adik
Evaluasi
I.
Lengkapilah
kalimat di bawah ini berdasarkan isi teks yang telah di baca tadi!
1.
Siapakah anak
yang rajin ..... a. Membantu
2.
Budi selalu
.... orang tuanya b.
Sekolah
3.
Kakak
menyetrika .... c.
Mendengarkan
4.
Istirahat
sambil .... musik d.
Pakaian
5.
Budi akan
pergi .... besok. e.
Budi
II.
Ceritakanlah
pengalamanmu melakukan peran dalam keluarga!
Kunci Jawaban
- Bahasa Indonesia
1.
e
2.
a
3.
d
4.
c
5.
b
Tidak ada komentar:
Posting Komentar